Saturday, May 18, 2013

Sejarah dan Produksi Ruang Bioskop

Sejarah dan Produksi Ruang Bioskop

Pengantar dari Film Indonesia.or.id

Tulisan ini mulanya merupakan draft bab II tesis dengan judul Mengenang yang akan datang: Kajian terhadap konsep bioskop sebagai ruang publik. Tesis yang sedang dikerjakan sebagai tugas akhir pada Program Magister (S2) Ilmu Religi dan Budaya (IRB) Universitas Sanata Dharma tersebut hampir rampung ketika penulisnya, Patricia Elida Tamalagi, meninggal dunia pada tanggal 13 September 2011.
Tesis ini merupakan hasil pengamatan Elida, yang mendedikasikan hidupnya sebagai pegiat pemutaran dan apresiasi film. Salah satu bentuk dedikasinya adalah Kinoki, bioskop alternatif di Yogyakarta yang beroperasi dari 2005 sampai 2010. Bersamaan dengan pengerjaan tesis ini, Elida sempat mempersiapkan materi pendamping berupa film dokumenter tentang bioskop di Indonesia. Sampai dengan berpulangnya Elida, dokumenter ini masihlah berupa kumpulan rekaman gambar yang belum disunting.
Karena tulisan Elida dipandang sangat berbobot sehingga pantas dan perlu diterbitkan, Jurnal Retorik menyunting draft bab II tersebut menjadi sebuah artikel, yang terbit di Jurnal Retorik vol. 3, no. 1, Desember 2012. Tulisan ini dipublikasikan ulang di filmindonesia.or.id atas izin dan sepengetahuan pihak Jurnal Retorik.